Monday, February 12, 2007

Jajanan di Yogya

Nahh ini dia...

Beberapa makanan yg sempet jd sasaran ke-laper-an mata gw...

1. Bakso
Mungkin
udah biasa kali ya kalo makan bakso. Cuma di Yogya ini bakso-nya unik. Meskipun itu bakso gerobak kaki lima biasa. Tapi seporsi isinya : mie, bakso daging, bakso goreng (gariiing bgt), tahu (dipotong2), usus sapi. Penataannya juga menarik banget. Gw sempet ngerasain bakso di salah satu gerobak di daerah Sosrowijayan, Malioboro.

Gak jauh masuk dr ujung jalan. Trus juga nyobain di daerah Dagen, Malioboro. Duh enak deh pokoknya....hmmmm

2. Nasi Kucing
Kalo orang sana bilang "sego kucing" dan tempat yg jual nasi kucing ini disebutnya Angkringan.
Di angk
ringan menu utamanya nasi kucing. Nasi dibungkus kecil2, isinya ada yg pake tempe orek, ikan teri, atau sambel aja.


Trus biasanya disedian juga temen2nya nasi kucing, ada bermacem2 gorengan. Tahu isi , tempe goreng, bakwan jagung, macem2 deh.

Minuman favorit gw di angkringan adalah teh jahe. Duh..anget banget.
Tp tenang...gampang koq bikinnya...bisa bikin di rumah.

3. Lumpia Goreng
Malem2 jalan menyusuri Malioboro, ada sekitar 2-3 gerobak yg jualan lumpia. Emang gak sebanyak Angkringan...
Makanya, kita ngiler banget mau cobain....
Isinya bisa milih, ada yg isi sayur aja, isi ayam, udang, telor puyuh, kombinasi atau komplet.
Abis itu di goreng, dan dihidangin dengan diguyur saus agak2 manis dikit, plus cabe rawit tentunya! Yummyyy...









4. Wedang Ronde
Ini juga j
ajanan sepanjang Malioboro.

Sama spt wedang ronde biasa di jkt...
cuma suasana di Yogya aja kali ya yg bikin agak lain...







5. Bakmi Jawa
Gw gak sempet makan, krn pengen pipis banget waktu itu n udah kekenyangan lumpia.
Ini juga di sepanjang Malioboro.
Rudy yg makan mie gorengnya...gw icip2 aja...

Hmmm...tapi rasanya koq enakan Bakmi Jawa langganan kita yg di Jl Panglima Polim Jakarta ya?

Cuma emang ke-khas-an Bakmi Jawa ini ya aroma anglo-nya itu...mereka masak gak pake kompor minyak, tp pake anglo alias areng....




6. Gudeg
Nah..ini dia.
Kita sempet makan Nasi Gudeg di Wijilan...gak jauh dr Keraton...
Enakkkk...
Pulangnya, sblm ke bandara, taksi kita suruh mampir di sana...beli buat orang tua n mertua!












Yah..itulah kira2 jajanan selama 4 hari kita beli berulang2 sampe akhirnya bikin aku males ngeliat timbangan badan di kamar...hehe...

Tapi seneng banget bisa jalan n jajan ke Yogya, harga juga murraaaaahhhh...
Semoga nanti2 bisa liburan lagi ke tempat lain dgn cerita lain....

1 comment:

Babyryu said...

Bikin ngiler aja nih makanan...klo gw yang makan bisa gembul lagi kali yak..Nyam-nyam..nyam-nyam....Lezatttt