Tuesday, January 15, 2008

Sunting...



Hari Minggu kemarin, gw, Rudy, Ibu Mertua, dan Kakak2 Ipar pergi resepsi pernikahan anak sepupu Ibu Mertua (keponakannya Ibu lah ya..), di Mesjid Al-Alzhar Kebayoran Baru, cuma 10 menitan lah dari rumah.

Pas dateng suasanya seperti lazimnya pernikahan...meriah.
Pernikahan dengan adat Minang.

Pas kira2 jam 12 lewat, saat kita lagi asik nikmatin hidangan...dan MC mulai panggil2 buat foto2, tau2 gw denger MC bilang gini " Ya..mohon maaf, pengantin wanita kondisinya tidak memungkinkan untuk berdiri".


Langsung gw nengok ke arah pelaminan...dan ternyata bener. Pengantin cewe rupanya gak kuat berdiri, dan ketika gw ke atas pelaminan untuk salaman (ihhh ketauan deh gw...makan dulu baru salaman..hihihi)...gw liat dahi sang pengantin cewe udah dibanjiri butiran2 keringet segede2 biji jagung. Duh...kasian banget.

Dan akhirnya meluncurlah cerita2 tentang sunting pengantin ...
Menurut keluarga Ibu (orang2 Minang pastinya), ternyata, banyak juga kejadian spt keponakan Ibu ini...bahkan kakak tertua Rudy juga dulu begitu. Gak kuat pas di tengah2 acara berlangsung.

Banyak pengantin wanita yang gak kuat pas acara resepsi. Mungkin karena harus menopang sunting yang agak berat dengan kondisi badan yg kurang fit atau kurang persiapan.

Meski gw bukan orang Minang, tp gw memilih pake baju Minang (daerah asal mertua gw) waktu resepsi pernikahan gw, karena pengen ngerasain pake sunting dan biar foto pengantin anak2 bokap gw yg terpajang di rumah macem2 ragamnya (kakak2 gw udah pake adat Sunda, Jawa, Nasional).

Emang lumayan berat lah ya...dan sunting yg gw pake waktu itu beratnya hampir 6 kg! Untung gw taunya pas gw udah lepas sunting, gw tanya sama juru rias-nya ...eh jawabannya "beratnya hampir 6 kg" Masya Allah....Untung tuh pesta udah selesai..kalo belom gw paranoid duluan kali...takut gak kuat.

Dan Alhamdulillah...waktu itu gw kuat sampe selesai acara...dan masih bisa foto2 dgn segala pose..


Mungkin itu semua bisa jadi pelajaran buat calon pengantin yang akan pake adat Minang. Sebelum acara, kondisi fisik emang harus disiapin banget2...cukup tidur n harus sarapan!



ini salah satu pose yg diambil
saat selesai resepsi pernikahanku...

8 comments:

widie said...

Nila cantik euy pake baju pengantin minang.

Iya dakuw pan pernah tinggal di Padang so setiap kali ndatengin orang kawinan si ceweknya selalu ngga pernah senyum, cemberut semua. awalnya kesel krn gw ga tau (msh kecil), sampai sekarang baru terjawab deh kenapa kok bisa begitu, kl semua pengantin cewek minang menaggung berat seberat 6 kg disaat pesta perkawinannya hiks...alamaaakk...bener-bener deh...

Dhona said...

Benar banget tuh Nil, kalo mau pake adat minang. Kondisi badan mesti fit. Kebayang aja ada benda seberat itu di kepala. Aduh aku aja dulu pertamanya langsung pusing. Tapi untung tetap kuat ampe akhir acara.

Bundakey said...

kasihan banget ya, kalau kayak aku yang ga kuatan gini ...wah bisa pingsan kali tuhhh !!

Hebat nil' kamu .... kuat berapa jam bawa 6 kg gitu ... :)

Hepi wiken ya ....

Shella Mawardi said...

Haduh....moga2 gw gak ngalamin pake acara sunting2 segala...bisa pingsan eiyke...gak cuma cemberut doang...

tp koq loe bisa ya bu...lg pake sunting seberat itu masih bs pose gaya...???hahahaha...

ichaAwe said...

minang sama dong yah nil sama palembang...pengantin cewek palembang juga begitu...pake embel2 dikepala..yg katanya berat banget...aku sih gak pernah nyoba & pengen banget nyoba...heheheh...jd dapet ide baru...nytar kalo keindonesia pgn poto2 ah..pake pakainan penganten...

isma said...

ngelihat dirimu bersunting gitu ajah rasanya dah pusing nih kepalaku hehe... bener2 harus siap stamina... jadi, di sini gak berlaku adat Jawa yg menganjurkan pengantin utk berpuasa sblm acara... hihi. bisa amburuk semaput deh!

nila said...

@Widie:
Hihihi..ooh gitu ya Wid? Kebanyakan pengantin cewe-nya pada cemberut? Ternyata bukan cemberut kali ya..tapi keberatan..haha! Untung aku waktu itu kebanyakan cengengesan-nya..biar gak terasa beratnya

@Mbak Dhona:
Iya Bun...dulu ngerasain juga ya? Emang pusing2 gimanaaaa gitu..tp pas udah berhasil sampe selesai acara sih seneng ya..ternyata kuat

@BUnda Key:
Hihhi...iya Bun..diniatin jadi kuat. Hmm brp jam ya?? Dari sekitar jam 10.30 sampe selesai resepsi jam 13.00-an deh..hehe

@Shella:
Lo kayaknya sih gak ada pake sunting Shel...kan bakalannya pake tanjidor? Masa musiknya tanjidor, pengantennya ber-sunting? Kagak nyambung dong ah..hihii

Yoi..gw juga bingung knp masih bisa gaya setelah bbrp jam "kesiksa" sunting? Hmm..power of love kali ya..? Halah!!

@Ichaawe:
Serius lo Cha kalo nanti mudik kesini mau coba poto2 pake2 baju penganten?? Ati2..ntar pengen jd penganten lagi..hehe

@Mbak Isma:
Hahaha..yah begitulah Mbak Isma..
Gak boleeehh...harus makan sblm naek panggung..kalo nggak mah...walahhh...bisa bubar pestanya

Anang said...

semoga bahagia selama2nya.. amin